Mengintip makna di balik 5 lagu populer, ada cinta yang tak direstui

Mengintip makna di balik 5 lagu populer, ada cinta yang tak direstui

Mengintip makna di balik 5 lagu populer, ada cinta yang tak direstui

kaixomusic.com - Bagi semua musisi menciptakan lagu memang sangatlah sulit. Membuat bait demi bait lagu menjadi tantangan tersendiri untuk mencari sebuah inspirasi. Terlebih bila ingin lagu tersebut bisa diterima baik oleh penikmat musik Tanah Air.

Pada umumnya, lagu-lagu di industri musik Tanah Air lebih cenderung mengenai masalah percintaan. Mengingat banyaknya orang yang sedang jatuh cinta hingga patah hati. Selain itu ada pula yang mempersembahkan lagunya untuk sang anak sebagai tanda cintanya.

Artinya semua musisi dalam menciptakan lagu membutuhkan inspirasi sehingga melahirkan karya-karya yang berkualitas. Meski kamu hanya menjadi penikmat musik, mengetahui makna dalam lagu tersebut juga penting lho, agar mengetahui bagaimana arti dalam lagu tersebut.

Berikut makna-makna di balik lagu yang sangat populer, yang brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Rabu (14/2).

1. Dewa 19 - Cukup Siti Nurbaya.

foto: Istimewa.

Ajang pencarian bakat Indonesian Idol rupanya jadi tempat mantan istri Ahmad Dhani menceritakan beberapa makna lagu Dewa 19. Saat seorang kontestan membawakan lagu Cukup Siti Nurbaya, Maia menjelaskan bahwa lagu tersebut Dhani ciptakan untuk ibunya, lantaran pernah tak memberi restu atas hubungannya.

"Itu lirik sebenarnya katakan pada mamanya Maia. Lagu ini dibuat ketika saya pacaran. Dia kan waktu itu cuma lulusan SMA, musisi. Dulu kan musisi dianggap tidak bisa kasih makan orang," ujar Maia.

2. Dewa 19 - Kangen.

foto: Istimewa.

Tak hanya Cukup Siti Nurbaya, rupanya lagu Kangen dari Dewa 19 juga Dhani ciptakan untuk kekasihnya. Menurut Ari Lasso, saat itu Dhani menciptakan lagu tersebut wujud kerinduan Dhani kepada kekasihnya, yang disebut-sebut adalah Maia Estianty.

"Dhani kangen sama pacarnya. Memang kenyataannya begitu," jelas Ari Lasso.

3. Koes Plus - Andaikan Kau Datang.

foto: kapanlagi.com

Selama ini penikmat musik Tanah Air menganggap bahwa lagu Andaikan Kau Datang dari Koes Plus menceritakan mengenai masalah percintaan. Namun ternyata berbeda, Yok salah satu personelnya, menjelaskan bahwa lagu tersebut diciptakan untuk pengandaian bagaimana keadaan dirinya saat meninggal nanti, di mana semua waktu, kejadian, dan kehidupan yang tak dapat diputar kembali.

4. Payung Teduh - Diatas Meja.

foto: kapanlagi.com

Is sebagai vokalis Payung Teduh mengungkapkan inspirasi dan makna lagu dalam lagu tersebut. Menurut Is lagu ini menceritakan dinamika keluarga yang ia rasakan. Selain itu Diatas Meja menjelaskan kebahagiaan dan keceriaan dalam sebuah rumah, ini lebih pada pribadi kehidupannya.

5. Sheila On 7 - Lapang Dada.

foto: kapanlagi.com

Lagu ciptaan Eross Candra ini rupanya ia tulis untuk menceritakan kehidupan pribadinya sendiri. Lagu ini menceritakan latar belakang 3 generasi, yaitu almarhum ayahnya, Eross, dan anaknya.

Setelah menikah dan dikaruniai anak, Eross baru merasakan dan memahami bagaimana hubungan antara seorang anak dan ayah seharusnya. Namun ia sudah merasa terlambat memahami ikatan tersebut, ia hanya bisa berlapang dada dan mengambil hikmahnya.