5 Fakta keren Java Jazz Festival

5 Fakta keren Java Jazz Festival

5 Fakta keren Java Jazz Festival

kaixomusic.com - Jazz merupakan salah satu genre musik paling populer di dunia. Setiap tahunnya, ada banyak festival jazz yang diselenggarakan di berbagai penjuru dunia, termasuk di Indonesia.

Nah, penikmat musik jazz di Tanah Air sudah harus siap-siap nih. Soalnya gelaran Java Jazz Festival dipastikan bakal hadir kembali. Kapan sih? Bertempat di JIEXPO Kemayoran, pagelaran Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2018 akan diselenggarakan pada tanggal 2-4 Maret 2018 mendatang.

Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2018 ini bakal menjadi perhelatan Java Jazz Festival yang ke-14. Kerennya, selama ini Java Jazz Festival selalu membuat gebrakan baru. Bahkan sudah bukan rahasia lagi jika Java Jazz masuk dalam kategori salah satu festival jazz terbesar di dunia lho.

Nah, buat kamu-kamu penikmat musik jazz, berikut brilio.net sarikan dari berbagai sumber, Senin (26/2), fakta menarik pagelaran Jakarta International BNI Java Jazz Festival. Dijamin bakal memuaskan para penikmat musik jazz di Tanah Air.

1. Line up musisi yang keren abis.

foto: javajazzfestival.com

Dari dulu hingga sekarang gelaran Jakarta International Java Jazz Festival selalu menghadirkan musisi-musisi keren. Baik dari mancanegara maupun musisi jazz Tanah Air.

Nah, Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2018 akan menghadirkan musisi dari mancanegara, seperti Goo Goo Dolls, Lauv, Lee Ritenour. Tak ketinggalan akan hadir juga penyanyi peraih Grammy Dionne Warwick dan Daniel Caesar. Makin meriah, para musisi lokal seperti Kunto Aji, Andien, Dira Sugandhi, Adhitia Sofyan, Dewa Budjana, Mondo Gascaro, Maliq & Dessentials, hingga Yura juga akan tampil di Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2018 ini.

Nggak cuma itu, dalam gelaran Java Jazz 2018 ini, kamu juga bisa menyaksikan perform perdana MLDJAZZPROJECT Season 3. Mereka terpilih dari seribu peserta ajang kompetisi pencarian musisi muda jazz berbakat Indonesia MLDare2Perform Season 3. Mereka adalah Windy Hariyadi (Vokal), Hezky Joe (Gitar), Hansen Arif (Drum), Yoshua (Piano), Muhammad Rizki Abdullah (Bass), dan Erick Giri (Wind & Brass).

Kolaborasi MLDJAZZPROJECT Season 3 ini akan dibungkus dengan sangat menarik karena selain tampil dengan para juri MLDare2Perform Season 3, mereka juga akan manggung bareng Danilla, Marcel, dan Pusakata. Membawa Tema BLAST FROM THE PAST, tentunya membuat kamu penasaran.

2. Panggung dan booth instalasi yang menarik.

foto: Istimewa

Bertempat di JIEXPO Kemayoran, Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2018 bakal memberi fasilitas yang ciamik buat para penonton. Demi kenyamanan penonton, dalam gelaran tahun ini bakal ada 10 panggung baik indoor maupun outdoor tempat para musisi Indonesia dan internasional perform. Kabarnya di panggung ini nantinya bakal ada kejutan berupa kolaborasi antara musisi mancanegara dengan musisi lokal lho.

Eits, kejutan di Java Jazz Festival 2018 nggak cuma sebatas aksi di panggung lho. Di venue nantinya juga bakal ada booth-booth kece, di antaranya adalah booth MLDSPOT ART & SOUND EXPERIENCE yang akan memberikan suguhan instalasi art keren dan menarik diselingi dengan konten silent disco yang pastinya akan memberikan info mengenai Indonesia Music History. Nggak cuma itu, keseruan MLDSPOT Stage Bus Jazz Tour yang berlokasi di area foodcourt akan memberikan warna tersendiri dalam menemani pengunjung menikmati santapan mereka.

3. Sudah diselenggarakan selama 13 tahun.

foto: astersport.in

Java Jazz Festival telah diselenggarakan selama 13 tahun. Sang promotor, Peter F Gontha telah menyelenggarakan Java Jazz Festival sejak tahun 2004. 

Dalam menghadirkan konser musik jazz yang memukau, jajaran musisi internasional dan lokal terbaik pun didatangkan ke Java Jazz Festival. Makanya, Java Jazz Festival selalu berhasil menarik antusiasme pencinta musik jazz di Indonesia.

4. Tahun 2018 ini Java Jazz hadir dengan tema Celebrate Jazz in Diversity.

foto: dok. MLDSPOT

Pemilihan tema ini sejalan dengan tujuan Java Jazz tahun 2018 yang akan menampilkan beragam musik dari musik jazz, seperti smooth jazz, fusion jazz, acid jazz, swing dan bebop sehingga acara ini dapat dinikmati oleh berbagai usia, termasuk generasi anak muda kekinian.

5. Java Jazz Festival pernah menjadi salah satu festival jazz terbesar di dunia dengan 1.300 musisi.

foto: youtube.com

Telah diselenggarakan selama 13 tahun, tiap tahunnya Java Jazz Festival selalu membuat gebrakan yang memukau penikmat musik jazz Tanah Air. Nggak heran, Java Jazz Festival pernah diganjar predikat sebagai festival jazz terbesar di dunia.

Tepatnya pada penyelenggaraan tahun 2010, Java Jazz Festival mendapat rekor Muri sebagai festival musik terbesar di dunia karena diisi sekitar 1.300 musisi dengan 21 panggung dalam satu kawasan.

Nah, kira-kira Java Jazz tahun ini bakal seperti apa ya? Biar nggak penasaran yuk dateng ke Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2018 dan tonton penampilan terbaik para musisi jazz. Kamu akan menyaksikan penampilan banyak musisi dari dalam dan luar negeri. Cuma satu tahu sekali, Sobat Brilio, pastikan kamu nggak terlewatkan acara ini, ya.